Selasa, 03 Januari 2017

DASKOM BAB 1 & 2 : Personal Komputer dan Alat Pendukung Operasional Komputer

BAB 1
PERSONAL KOMPUTER
    A.   PENGERTIAN KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata Computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang dipekerjakan melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir ekslusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan Matematika. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “KOMPUTER” adalah “PEMROSES INFORMASI” atau “Sistem Pengolah Informasi”.
1.       Definisi
Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan pemograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apapun (meskipun barang kali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita ciptakan di masa depan(meskipun niscaya lebih lambat).
2.       Komputer Benam
Pada sekitar 20 tahun terakhir, banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon genggam,perekam kaset video, dan banyak sekali dalam rumahtangga,industri,otomotif,dan alat elektronik lain, semua berisi Sirkuit elektronik yang seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap diatas (dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung didalam CHIP ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Komputer maksud Khusus lainnya secara umum dikenal sebagai “MIKRO KONTROLER” atau “KOMPUTER BENAM” (EMBEDDED COMPUTER).
3.       Komputer Pribadi
Akhirnya, banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer lain memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjuk kepada Komputer Pribadi(PC).
4.       Bagaimana Komputer Bekerja ?
Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti dramatis sejak KOMPUTER PERTAMA pada tahun 1940-an, Komputer kebanyakan masih menggunakan Arsitektur VON NEUMANN, yang diusulkan diawal 1940-an oleh John Von Neumann. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan EMPAT bagian Utama : Unit Aritmatika dan Logis (ALU),unit Kontrol,Memory, dan Alat masukan  dan hasil (Secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas Kawat, “Bus”.

     B.   SEJARAH KOMPUTER
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam perhitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu Evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di Dunia.
Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan kedalam 4 Golongan Besar :
Ø  Peralatan Manual :
Yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.
Ø  Peralatan Mekanik:
Yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.
Ø  Peralatan Mekanik Elektronik:
Peralatan yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik.
Ø  Peralatan Elektronik:
Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh tulisan ini akan memberikan gambaran tentang sejarah Komputer dari masa ke masa. Terutama alat pengolah data pada golongan 2,3,dan 4. Klasifikasi komputer berdasarkan Generasi juga akan dibahas secara lengkap pada tulisan ini.
1.       Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
ABACUS, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan dibeberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah Rak.Setelah hampir 12 Abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, BLAISE PASCAL (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 Tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (Numerical Wheel Calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan PASCALINE, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit.
Tahun 1694, seorang Matematikawan dan Filsuf Jerman, GOTTFRED WILHEM VON LEIBNIZ (1646-1716) memperbaiki pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengkalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. CHARLES XAVIER THOMAS de COLMAR menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi Aritmatik dasar, Yaitu Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian. Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seseorang Profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Ia menemukan mesin Differensial pada tahun 1822. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama Sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat Kmputer General-Purpose yang pertama, yang disebut ANALYTICAL ENGINE. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Dia membantu merevisi rencana,mencari pendanaan dari pemerintah inggris, dan mengkomunikasikan Spesifikasi Analytical Engine kepada publik.
Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Pada tahun1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan Aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai BENAR atau SALAH.
2.       *Sejarah Komputer  Generasi Pertama-Tube (1942 – 1958):
1.    Menggunakan teknologi tabung (vakum).
2.    Berupaya memproses beberapa ribu perintah sesaat, lebih cepat dari gerakan alat mekanik.
3.    Berupaya menyimpan 10.000 – 20.000 karakter.
4.    Menggunakan memori inti magnetik. Inti magnet adalah gelang-gelang logam yang sangat kecil dan bisa memberikan kekuatan magnet melalui satu dari dua arah.


3.       *Sejarah Komputer  Generasi Kedua-Transistor (1959 – 1964):
1.    Menggunakan transistor menggantikan tabung hampa gas.
2.    Dibuat oleh tiga ilmuwan di Bell Laboratories, yaitu J. Bardeen, H. W. Brittain dan W.Shockley.
3.    Transistor adalah sebuah alat elektronik yang kecil di mana fungsinya adalah untuk mentransfer sinyal-sinyal listrik melalui perintang.
4.    Kompatibilitas terbatas. Program yang ditulis untuk satu komputer harus diubah untuk dilaksanakan pada komputer lain.
5.    Menggunakan hanya pita untuk penyimpanan yang dapat memproses secara urutan saja.
6.    Menggunakan bahasa level rendah yaitu bahasa simbolik.
7.    Lebih kecil, ringan, murah tahan lama dan mudah digunakan.
8.    Bahasa pemrograman tingkat tinggi atau bahasa perhimpunan (assembly language) seperti FORTRAN dan COBOL.


4.       *Sejarah Komputer  Generasi Ketiga-Rangkaian Listrik (1964 – 1970):
1.    Menggunakan teknologi sirkuit terpadu yang terdiri dari ribuan transistor yang ditempatkan pada bagian silikon.
2.    Program lebih kompatibel.
3.    Dimulainya konsep multi pemrograman. Beberapa pengguna berbagi mesin. Istilah baru kemitraan masa.
4.    Hemat dibandingkan dengan penggunaan disk magnet.
5.    Lebih kuat, utuh dan padat.
6.    Bahasa pemrograman diproduksi seperti BASIC dan Pascal.



5.       *Sejarah Komputer  Generasi Keempat (1971 -1999):
1.    Penggunaan sirkuit terpadu skala besar. Istilah yang digunakan adalah integrasi Skala-Besar (Large-Scale Intergration atau LSI).
2.    Penggunaan mikro pemrosesan pada satu serpihan.
3.    Dengan pengenalan penyimpanan virtual, program yang berukuran beberapa kali ukuran memori mesin dapat dilaksanakan.
4.    Pengenalan pada CD memori baca saja (Compact Disc Read Only Memory
5.    (CD ROM)).
6.    Memori utama komputer menjadi lebih efisien, cepat dan besar.


6.       *Sejarah Komputer  Generasi Kelima (2000 sampai sekarang):
1.    Lebih canggih, lebih murah, lebih cepat dan lebih hebat dari yang ada dan kemampuan ‘melihat’, ‘mendengar’, ‘berbicara’, dan ‘berpikir’ seperti manusia-kecerdasan buatan.
2.    Memiliki kecerdasan buatan yaitu sejauh mana manusia membuat komputer itu cerdik.
3.    Melaksanakan tugas secara paralel berbeda dengan caranya sekarang dan memungkinkan tugas diselesaikan serentak.
4.    Lebih cepat dan lebih kuasa untuk membuat pikiran, belajar dan menyimpulkan.
7.       Klarifikasi Komputer
a.       Komputer Analog
§  Untuk mengukur data yang berterusan.
§  Mengawal proses yang bergantung kepada keadaan Fizikal.
§  Tidak memerlukan Storan.
§  Bidang: Kejuruteraan & Sains.
§  Contoh: Halaju,Suhu & Tekanan.
b.      Komputer Digital
v  Untuk menghitung data yang diskrit.
v  Melakukan operasi Aritmethik/Logik terhadap data.
v  Keputusan tepat dan boleh berulang.
v  Bidang: Perniagaan,Sains, dan Matematik.
v  Contoh: kira bilangan pelajar didalam satu kelas.
c.       Komputer Hybrid
·         Menggabungkan fungsi-fungsi komputer analog dan digital.
·         Mempunyai ciri-ciri kedua-dua jenis komputer.
·         Bidang: Penyelidikan Saintifik.
d.      Komputer Kegunaan Khas
ü  Melakukan tugas tertentu
ü  Atur cara khas dimuatkan kedalam sistem dan kekal.
ü  Contoh: perkakasan rumah(Mikriwave,TV,Lampu isyarat,dll).
e.      Komputer Kegunaan Am
ü  Melakukan Berbagai Tugas.
ü  Memerlukan sistem pengoperasian (Operating system) untuk
Dikendalikan seperti Windows,Unix,Linux dan sebagainya.
ü  Berbagai program aplikasi boleh dimuatkan ke dalam sistem
Untuk kegunaan tertentu.
ü  Contoh: Kebanyakan komputer digital.
f.        Kerangka Utama/Server
o   Terbesar di dalam Famili Komputer.
o   Harga Mahal.
o   Digunakan di dalam rangkaian.
o   Pemrosesan pantas,storan besar, piranti Input/Output banyak.
o   Digunakan didalam sektor kerajaan, perniagaan besar, Tentara, Institusi Pendidikan, dan sebagainya.
o   Contoh: IBM 370,Univac 1100 dan sebagainya.
o   Kerangka Utama yang besar dikenali sebagai Superkomputer.
g.       Mini Komputer
*      Size lebih kecil dari Kerangka Utama.
*      Organisasi sama dengan kerangka Utama
*      Sesuai untuk pemrosesan yang tidak memerlukan capaian data yang banyak.
*      Contoh: DEC pdp-11,IBM 36 dan sebagainya.
h.      Mikrokomputer
©       Terkecil dalam Famili Komputer.
©       Mudah dikendalikan/digunakan.
©       Dikenali sebagai komputer pribadi (Personal Komputer-PC).
©       Boleh digunakan secara persendirian atau didalam rangkaian(Networking).
©       Sesuai digunakan untuk pemrosesan data yang sedikit.
©       Popular digunakan dirumah,sekolah,dan sebagainya.
©       Terdapat banyak dipasaran.
Contoh : Komputer dengan pemroses Pentium 4, Celeron, AMD, dll.
    C.    PERANGKAT KERAS
1.       Arsitektur Komputer
Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem Komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana Cetak-Biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan  bagian perangkat keras yang didesain (Kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur Von Neumann, CISC,RISC,Blue Gene , dll. Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 Sub-kategori :
ü  Setintruksi (ISA)
ü  Arsitektur Mikro dari ISA, dan
ü  Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
2.       Perangkat Keras Komputer
Pernagkat Keras komputer (Hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi didalamnya, dan dibedakan dengan perangkat Lunak (Software) yang menyediakan intruksi untuk perangkat keras dalam menyelsaikan tugasnya. Batasan antara perangkat Keras dan perangkat Lunak adalah Frimeware.
Komputer pada umumnya adalah Komputer Pribadi (PC), dalam bentuk Desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut :
v  Papan Induk (Motherboard), beberapa Komponen yang ada di Papan Induk :
·         RAM
·         Bus PCI
·         USB
·         AGP
·         ROM
·         CPU
v Power Suplly
v Pengontrol Penyimpanan , dari jenis IDE,SCSI, atau lainnya.
v Pengontrol Penampilan Video yang memproduksi output untuk komputer display.
v Pengontrol Komputer Bus(Paralel,Serial,USB,Firewire).
v Bebrapa jenis penyimpanan komputer :
Ø  CD : CD-ROM,CD-RW,CD-R
Ø  DVD : DVD-ROM,DVD-RW,DVD-R
Ø  Floppy Disk
v Penyimpanan dalam untuk menyimpan data dalam komputer jangka panjang:
Ø  Harddisk.
Ø  Disk Array Controller
Ø  Kartu Suara
Ø  Jaringan Komputer : Modem,Kartu Network.
v Alat Lainnya :
Ø  Input                            :Keyboard,Mouse,Trackball,Joystick,Scanner,Webcam,dll.
Ø  Output                        :Printer,Speaker,Monitor.
Ø  Networking               :Modem,Kartu Network.
3.       Pemrosesan Komputer
*      Pemrosesan
Unit pemrosesan Pusat atau CPU, berperan untuk memproses arahan, melaksanakan perkiraan, dan mengurus laluan informasi terusan System komputer.Unit atau piranti pemrosesan juga akan berkomunikasi dengan piranti input,output,dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.

Unit Aritmatika dan Logika (ALU) adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan,pengurangan ,dan semacamnya),pelaksanaan logis (AND,OR,NOT), dan pelaksanaan perbandingan (Misalnya membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan).
*      Input dan Hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya disana, dapat berbentuk Hardcopy ataupun Softcopy. Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab Keyboard ,Monitor, dan Disk Drive, ke yang lebih tidak biasa seperti Webcam dan sebagainya.
*      Program
Program Komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi Jutaan perintah , dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali, bahkan sebuah PC modern (tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 MILYAR perintah dalam SEDETIK.
*      Sistem Operasi
Sistem Operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Sistem Operasi menentukan program yang mana dijalankan ,kapan, dan alat mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem Operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti Kode (Driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
   D.   KOMPONEN HARDWARE
1.       Papan Induk (Mohtherboard)
Papan Induk adalah papan sirkuit yang ditempeli dengan CPU,Memori utama, Video Card,RAM, serta berbagai komponen lain yang mendukung kinerja suatu komputer.
2.       Komponen pada Motherboard
PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah Bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. Komputer lama menggunakan slot ISA, yang merupakan fcUS yang lamban sejak kemunculannya sekitar tahun 1992,Bus PCI masih digunakan sampai sekarang hingga keluar versi terbarunya yaitu PCI Express (Addon). Bebrapa Contoh Bus :
Ø  BUS ISA
Bus ISA (Industry Standard Architecture) adalah sebuah arsitektur bus dengan bus data selebar 8-bit yang diperkenalkan dalam IBM PC 5150 pada tanggal 12 Agustus 1981.
Ø  ISA 8-bit
Bus ISA 8-bit merupakan varian dari BUS ISA, dengan bus data selebar 8-bit, yang digunakan dalam IBM PC 5150 (Model PC Awal).
Ø  ISA 16-bit
Bus ISA 16-bit adalah sebuah bus ISA yang memiliki bandwitch 16-bit, sehingga mengizinkan transfer rate dua kali lebih cepat dibandingkan dengan ISA 8-bit pada kecepatan yang sama.
Ø  AGP
Bus AGP, singkatan dari Accelerated Graphics Port adalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu gratis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA,bus VESA, atau bus PCI yang sebelumnya digunakan.
3.       VGA
Video Graphics Array adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan  pertama kali oleh IBM pada 1987. Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu pada resolusi layar berukuran 640x480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan Output (keluaran) komputer ke Monitor. Untuk menggambar/desain gratis ataupun untuk bermain game , kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya.
4.       RAM
RAM (Random Acces Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori unit, seperti tape magnetik,disk,dan drum, dimana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Beberapa jenis RAM, dari atas ke bawah : DIP,SIPP,SIMM 30-pin, SIMM 72-pin, DIMM,DDR DIMM.
-          SRAM atau Static RAM
-          NV-RAM atau Non-Votaile RAM
-          DRAM atau Dynamic RAM
a.       Fast Page Mode RAM
b.      EDO RAM atau Extended Data Out RAM
c.       XDRD RAM
d.      SDRRAM atau Synchronous RAM.
5.       I/O (INPUT/OUTPUT)
Unit I/O adalah bagian dari sistem mikroprocessor yang digunakan untuk berhubungan dengan dunia luar. Unit Input adalah unit luar yang digunakan untuk memasukan data dari luar ke dalam mikroprocessor ini, contohnya dta yang berasal dari keyboard atau mouse. Unit Output biasanya digunakan untuk menampilkan data ,atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprocessor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.
6.       HARDDISK
Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data Sekunder dan berisi piringan Magnetis, dan pertama kali dibuat oleh Insinyur IBM, REYNOLD JOHNSON ditahun 1952.
7.       SCSI
SCSI singkatan dari Small Computer System Interface, adalah sebuah antarmuka bus berkinerja tinggi yang didefinisikan oleh panitia ANSI X3T9.2(American National Standards Institute).
8.       UNIVERSAL SERIAL BUS
Universal Serial Bus (BUS) adalah standar bus berseri untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan peralatan lainnya seperti konsol permainan dan PDA. Sistem USB mempunyai desain yang asimetris, yang terdiri dari pengontrol host dan beberapa peralatan terhubung yang berbentuk pohon dengan menggunakan peralatan HUB yang khusus.
9.       KONEKTOR USB (Tipe A & B)
Desain USB ditujukan untuk menghilangkan perlunya penambahan expansion card ke ISA computer atau BUS-PCI, dan memperbaiki kemampuan plug-and-play dengan memperbolehkan peralatan ditukar atau ditambah ke sistem tanpa perlu me-Reboot komputer. Ketika USB dipasang, isa langsung dikenal sistem komputer dan memproses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya.
10.   ADVANCED TECHNOLOGY ATTACHMENT
Advanced Technology Attachment (ATA) adalah interface standar untuk menghubungkan storage Device seperti harddiskdan CD ROM drives dalam personal Komputer. Banyak terdapat istilah dan sinonim lain untuk ATA, termasuk singkatan-singkatan shi,ATAPs, dan UhMA.
11.   CPU
Sebuah CPU singkatan dari Central Processing Unit menunjuk ke bagian dari perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan intruksi dan data yang terdapat dalam perangkat lunak. Istilah yang lebih umum processor kadangkala digunakan untuk menunjuk ke CPU.
12.   PROCESSOR
Berikut ini Beberapa macam jenis Processor :
-          INTEL : Intel Pentium 4, Intel Core 2, Intel Core i3, dll.
-          AMD  : Turion64, Duron, Sempron, Kryptonite (K5), NexGen, Athlon, dll.
13.   DISKET
Disket atau Floppy Disk adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur yang dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.
14.   CD-ROM
CD-ROM (Compact Disc – Read Only Memory) adlah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disk) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700 MB atau 700 juta bit. CD-ROM bersifat read only (hanyat dapat dibaca dan tidak dapat ditulisi).
15.   CD-RW
CD-RW (Compact Disk Rewritable) yakni sebuah media penyimpanan cakram berbasis optik yang dapat ditulisi dan dihapus lagi untuk ditulisi lagi untuk menyimpan data.
16.   CD-R             
CD-R (Compact Disk – Recordable) merupakan jenis cakram padat yang dapat diisi dengan data, salah satu jenis media penyimpanan eksternal pada komputer. Secara fisik CD-R merupakan CD polikarbonat kosong berdiameter 120 mm sama seperti CD-ROM. Awalnya CD-R dilapisi emas sebagai media refleksinya.
17.   DVD
DVD adalah sejenis cakram optis yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas Video dan Audio yang lebih baik dari kualitas VCD. Terdapat pula perangkat lunak yang membolehkan pengguna backup DVD sendiri seperti DVD Decrypter dan DVD Shrink.



BAB II
ALAT PENDUKUNG OPERASIONAL
KOMPUTER
     A.   ALAT INPUT
1.       Keyboard
Papan Ketik (Keyboard) adalah peralatan magnetik yang digunakan untuk mnginput (memasukkan) teks dan juga untuk mengatur pengoperasian komputer. Keyboard terdiri dari tombol kotak-kotak yang tersusun. Tombol tersebut mempunyai huruf-huruf atau simbol yang tercetak diatasnya yang menunjukan huruf atau simbol yang akan ditampilkannya di monitor bila ditekan. Selain itu bila kita menggabungkan dua tombol dengan menekannya secara bersamaan , kita kadang akan mendapatkan fungsi atau input khusus.
2.       Mouse
Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain keyboard. Mouse berbentuk seperti seekor tikus yang menjadi asal nama bahasa inggrisnya (Mouse).Bentuk mouse yang umumnya adalah dua tombol, masing-masing di kiri dan kanan yang bisa di “KLIK”. Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh sebuah permukaan yang keras dan rata.

Mengoperasikan Mouse Mekanis :
a.       Bola akan berputar saat mouse ditarik.
b.      Roller X dan Y memegang bola tersebut dan memindahkan gerakan.
c.       Disk Disk pengkode optikal termasuk lubang-lubang cahaya.
d.      LED Inframerah memancar melalui disk-disk tersebut.
e.      Sensor-sensor mengumpulkan pulsa-pulsa cahaya untuk mengubah kecepatan X dan Y
3.       Joystick
Joystick ialah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke empat arah (kiri-kanan- dan maju-mundur). Joystick sangat jamak digunakan bagi aplikasi permainan komputer dan tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari bentuk joystick pesawat terbang, stir mobil, dan gamepad.
4.       Scanner
Scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen,foto,gelombang,suhu, dan lain-lain. Hasil scanner an itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Diantara jenis-jenis Scanner, Scanner gambar adalah yang paling sering disebut sebagai Scanner. Berikut Beberapa jenis Scanner :
Ø  Scanner Gambar
Ø  Scanner Barcode
Ø  Scanner Sinar-X
Ø  Scanner Cek
Ø  Scanner Logam
Ø  Scanner Optical Mark Reader (OMR).
Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, Scanner gambar terdiri dari 2 jenis, yaitu :
v    Flatbed :
Pada scanner Flatbed, kertas diletakkan diatas kaca Scanner, kemudian lampu dan sensor Scanner akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.
v    Automatic Document Feeder (ADF)
Pada Scanner ADF, kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu persatu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik scanner dengan adanya pad assy dan roller. Pada daat kertas bergerak diatas lampu Scanner sensor Scanner bekerja untuk memperoleh gambar yang mempresentasikan kertas tsb.
5.       Webcam
Webcam (Web Camera) adalah sebutan bagi kamera realtime (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program Instant Messaging, atau aplikasi video call.
    B.   ALAT OUTPUT
1.       Printer
Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, diatas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari Tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau Toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas.
2.       Pengeras Suara
Pengeras Suara (Loud Speaker) adalah komponen elektronika yang meneriman sinyal masukan dan memberikan respon keluaran berupa Frekuensi Audio (suara) dengan cara menggertarkan komponennya yang berbentuk selaput.
    C.    JARINGAN
Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai satu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah :
a.       Membagi sumber daya : contohnya berbagi pemakaian printer,CPU,Memori,Harddisk.
b.      Komunikasi                                       : contohnya surat elektronik, Instant Messaging,Chatting.
c.       Akses Informasi              : Contohnya Web Browsing.
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan Layanan (Service). Pihak yang meminta layanan tersebut disebut Klien (Client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (Server). Arsitektur ini disebut dengan sistem Client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
1.       KLASIFIKASI
A.      Berdasarkan Skala :
Ø  Local Area Network (LAN), Mencakup Satu Tempat/Lokal.
Ø  Metropolitan Area Network (WAN), Mencakup Satu Kota.
Ø  Wide Area Network (WAN), Mencakup Satu Negara.
Ø  Internet , Mencakup Global/Dunia.
B.      Berdasarkan Fungsi :
1.       Client-Server
Yaitu Jaringan Komputer dengan Komputer yang didedasikan khusus sebagai Server. Sebuah Service/Layanan bisa diberikan oleh  sebuah komputer atau lebih.
2.       Peer-to-Peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi Client secara bersamaan.
3.       Berdasarkan Topologi Jaringan
-Topologi Bus
-Topologi Bintang
-Topologi Cincin (Ring)
-Topologi Mess.
-Dll.
2. MODEM
Modem Berasal dari dai singkatan Modulator DEMolator. Perangkat keras ini digunakan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog sehingga data dari komputer dari Komputer bisa dikirimkan melalui saluran telepon atau saluran lainnya.

3..KARTU JARINGAN
Kartu Jaringan (NIC=Network Interface Card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Ada Dua jenis NIC yang beredar , yaitu NIC FISIK dan NIC LOGIS.


A.      NIC FISIK
NIC Fisik umumnya berupa kartu yang dapat dtancapkan ke dalam sebuah slot dalam Motherboard komputer,yang dapat berupa kartu dengan Bus ISA,bus PCI,bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express. Kartu NIC Fisik terbagi menjadi 2, Yaitu Media-Specific NIC dan Architecture Specific NIC.
B.      NIC LOGIS
NIC Logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik, dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalkan di atas sistem operasi, dan bekerja seolah-olah dirinya sebuah NIC. Contohnya adalah NIC Adapter.






0 komentar:

Posting Komentar