BAB 1
PERSONAL KOMPUTER
PERSONAL KOMPUTER
A.
PENGERTIAN KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai untuk
mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata Computer semula
dipergunakan untuk menggambarkan orang yang dipekerjakan melakukan perhitungan
aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian
dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir
ekslusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai
untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan Matematika. Istilah lebih baik
yang cocok untuk arti luas seperti “KOMPUTER” adalah “PEMROSES INFORMASI” atau
“Sistem Pengolah Informasi”.
1.
Definisi
Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat mereka yang paling penting
yang membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan
pemograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apapun (meskipun
barang kali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda),
dan memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang
akan kita ciptakan di masa depan(meskipun niscaya lebih lambat).
2.
Komputer
Benam
Pada sekitar 20 tahun terakhir, banyak alat rumah tangga, khususnya
termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon
genggam,perekam kaset video, dan banyak sekali dalam
rumahtangga,industri,otomotif,dan alat elektronik lain, semua berisi Sirkuit
elektronik yang seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap diatas
(dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung
didalam CHIP ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Komputer
maksud Khusus lainnya secara umum dikenal sebagai “MIKRO KONTROLER” atau
“KOMPUTER BENAM” (EMBEDDED COMPUTER).
3.
Komputer
Pribadi
Akhirnya, banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer lain memakai
istilah ini secara eksklusif untuk menunjuk kepada Komputer Pribadi(PC).
4.
Bagaimana
Komputer Bekerja ?
Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti dramatis
sejak KOMPUTER PERTAMA pada tahun 1940-an, Komputer kebanyakan masih
menggunakan Arsitektur VON NEUMANN, yang diusulkan diawal 1940-an oleh John Von
Neumann. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan EMPAT bagian
Utama : Unit Aritmatika dan Logis (ALU),unit Kontrol,Memory, dan Alat
masukan dan hasil (Secara kolektif
dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas Kawat, “Bus”.
B.
SEJARAH KOMPUTER
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data
telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan
elektronik untuk membantu manusia dalam perhitungan dan pengolahan data supaya
bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah
suatu Evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa
alat mekanik maupun elektronik. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan
yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem
komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral
telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan
internet yang menghubungkan berbagai tempat di Dunia.
Bagaimanapun juga alat pengolah data dari
sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan kedalam 4 Golongan Besar
:
Ø
Peralatan Manual :
Yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor
terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.
Ø
Peralatan Mekanik:
Yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan
tangan secara manual.
Ø
Peralatan Mekanik Elektronik:
Peralatan yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik.
Ø
Peralatan Elektronik:
Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh tulisan ini akan
memberikan gambaran tentang sejarah Komputer dari masa ke masa. Terutama alat
pengolah data pada golongan 2,3,dan 4. Klasifikasi komputer berdasarkan
Generasi juga akan dibahas secara lengkap pada tulisan ini.
1.
Alat
Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
ABACUS, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih
digunakan dibeberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula
mesin komputasi. Alat ini memungkinan penggunanya untuk melakukan perhitungan
menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah Rak.Setelah hampir 12
Abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, BLAISE
PASCAL (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 Tahun, menemukan apa yang ia
sebut sebagai kalkulator roda numerik (Numerical Wheel Calculator) untuk
membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang
dinamakan PASCALINE, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk
menjumlahkan bilangan hingga delapan digit.
Tahun 1694, seorang Matematikawan dan Filsuf Jerman, GOTTFRED WILHEM VON
LEIBNIZ (1646-1716) memperbaiki pascaline dengan membuat mesin yang dapat
mengkalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan
menggunakan roda-roda gerigi. Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai
populer. CHARLES XAVIER THOMAS de COLMAR menemukan mesin yang dapat melakukan
empat fungsi Aritmatik dasar, Yaitu Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan
Pembagian. Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seseorang Profesor
matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Ia menemukan mesin
Differensial pada tahun 1822. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama
Sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat Kmputer
General-Purpose yang pertama, yang disebut ANALYTICAL ENGINE. Asisten Babbage,
Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini.
Dia membantu merevisi rencana,mencari pendanaan dari pemerintah inggris, dan
mengkomunikasikan Spesifikasi Analytical Engine kepada publik.
Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah
bahasa pemograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Pada
tahun1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer
elektrik yang menerapkan Aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini
didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner
aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan
sebagai BENAR atau SALAH.
2.
*Sejarah
Komputer Generasi Pertama-Tube (1942 – 1958):
1. Menggunakan teknologi tabung (vakum).
2. Berupaya memproses beberapa ribu
perintah sesaat, lebih cepat dari gerakan alat mekanik.
3. Berupaya menyimpan 10.000 – 20.000
karakter.
4. Menggunakan memori inti magnetik. Inti
magnet adalah gelang-gelang logam yang sangat kecil dan bisa memberikan
kekuatan magnet melalui satu dari dua arah.
3.
*Sejarah Komputer Generasi Kedua-Transistor (1959 – 1964):
1. Menggunakan transistor menggantikan
tabung hampa gas.
2. Dibuat oleh tiga ilmuwan di Bell
Laboratories, yaitu J. Bardeen, H. W. Brittain dan W.Shockley.
3. Transistor adalah sebuah alat
elektronik yang kecil di mana fungsinya adalah untuk mentransfer sinyal-sinyal
listrik melalui perintang.
4. Kompatibilitas terbatas. Program yang
ditulis untuk satu komputer harus diubah untuk dilaksanakan pada komputer lain.
5. Menggunakan hanya pita untuk
penyimpanan yang dapat memproses secara urutan saja.
6. Menggunakan bahasa level rendah yaitu
bahasa simbolik.
7. Lebih kecil, ringan, murah tahan lama
dan mudah digunakan.
8. Bahasa pemrograman tingkat tinggi atau
bahasa perhimpunan (assembly language) seperti FORTRAN dan COBOL.
4.
*Sejarah
Komputer Generasi
Ketiga-Rangkaian Listrik (1964 – 1970):
1. Menggunakan teknologi sirkuit terpadu
yang terdiri dari ribuan transistor yang ditempatkan pada bagian silikon.
2. Program lebih kompatibel.
3. Dimulainya konsep multi pemrograman.
Beberapa pengguna berbagi mesin. Istilah baru kemitraan masa.
4. Hemat dibandingkan dengan penggunaan
disk magnet.
5. Lebih kuat, utuh dan padat.
6. Bahasa pemrograman diproduksi seperti
BASIC dan Pascal.
5.
*Sejarah
Komputer Generasi
Keempat (1971 -1999):
1. Penggunaan sirkuit terpadu skala
besar. Istilah yang digunakan adalah integrasi Skala-Besar (Large-Scale
Intergration atau LSI).
2. Penggunaan mikro pemrosesan pada satu
serpihan.
3. Dengan pengenalan penyimpanan virtual,
program yang berukuran beberapa kali ukuran memori mesin dapat dilaksanakan.
4. Pengenalan pada CD memori baca saja
(Compact Disc Read Only Memory
5. (CD ROM)).
6. Memori utama komputer menjadi lebih
efisien, cepat dan besar.
6.
*Sejarah
Komputer Generasi Kelima
(2000 sampai sekarang):
1. Lebih canggih, lebih murah, lebih
cepat dan lebih hebat dari yang ada dan kemampuan ‘melihat’, ‘mendengar’,
‘berbicara’, dan ‘berpikir’ seperti manusia-kecerdasan buatan.
2. Memiliki kecerdasan buatan yaitu
sejauh mana manusia membuat komputer itu cerdik.
3. Melaksanakan tugas secara paralel
berbeda dengan caranya sekarang dan memungkinkan tugas diselesaikan serentak.
4. Lebih cepat dan lebih kuasa untuk
membuat pikiran, belajar dan menyimpulkan.
7.
Klarifikasi Komputer
a.
Komputer Analog
§
Untuk mengukur data yang berterusan.
§
Mengawal proses yang bergantung kepada keadaan
Fizikal.
§
Tidak memerlukan Storan.
§
Bidang: Kejuruteraan & Sains.
§
Contoh: Halaju,Suhu & Tekanan.
b.
Komputer Digital
v
Untuk menghitung data yang diskrit.
v
Melakukan operasi Aritmethik/Logik terhadap
data.
v
Keputusan tepat dan boleh berulang.
v
Bidang: Perniagaan,Sains, dan Matematik.
v
Contoh: kira bilangan pelajar didalam satu
kelas.
c.
Komputer Hybrid
·
Menggabungkan fungsi-fungsi komputer analog dan
digital.
·
Mempunyai ciri-ciri kedua-dua jenis komputer.
·
Bidang: Penyelidikan Saintifik.
d.
Komputer Kegunaan Khas
ü
Melakukan tugas tertentu
ü
Atur cara khas dimuatkan kedalam sistem dan
kekal.
ü
Contoh: perkakasan rumah(Mikriwave,TV,Lampu
isyarat,dll).
e.
Komputer Kegunaan Am
ü
Melakukan Berbagai Tugas.
ü
Memerlukan sistem pengoperasian (Operating
system) untuk
Dikendalikan seperti Windows,Unix,Linux dan sebagainya.
ü
Berbagai program aplikasi boleh dimuatkan ke
dalam sistem
Untuk kegunaan tertentu.
ü
Contoh: Kebanyakan komputer digital.
f.
Kerangka Utama/Server
o
Terbesar di dalam Famili Komputer.
o
Harga Mahal.
o
Digunakan di dalam rangkaian.
o
Pemrosesan pantas,storan besar, piranti
Input/Output banyak.
o
Digunakan didalam sektor kerajaan, perniagaan
besar, Tentara, Institusi Pendidikan, dan sebagainya.
o
Contoh: IBM 370,Univac 1100 dan sebagainya.
o
Kerangka Utama yang besar dikenali sebagai
Superkomputer.
g.
Mini Komputer
Size lebih kecil dari Kerangka Utama.
Organisasi sama dengan kerangka Utama
Sesuai untuk pemrosesan yang tidak memerlukan
capaian data yang banyak.
Contoh: DEC pdp-11,IBM 36 dan sebagainya.
h.
Mikrokomputer
©
Terkecil dalam Famili Komputer.
©
Mudah dikendalikan/digunakan.
©
Dikenali sebagai komputer pribadi (Personal
Komputer-PC).
©
Boleh digunakan secara persendirian atau didalam
rangkaian(Networking).
©
Sesuai digunakan untuk pemrosesan data yang
sedikit.
©
Popular digunakan dirumah,sekolah,dan
sebagainya.
©
Terdapat banyak dipasaran.
Contoh : Komputer dengan pemroses Pentium 4, Celeron, AMD, dll.
C.
PERANGKAT KERAS
1.
Arsitektur
Komputer
Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu
sistem Komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana Cetak-Biru dan
deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain
(Kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Beberapa contoh dari arsitektur
komputer ini adalah arsitektur Von Neumann, CISC,RISC,Blue Gene , dll.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 Sub-kategori :
ü
Setintruksi (ISA)
ü
Arsitektur Mikro dari ISA, dan
ü
Sistem desain dari seluruh komponen dalam
perangkat keras komputer ini.
2.
Perangkat
Keras Komputer
Pernagkat Keras komputer (Hardware) adalah semua bagian fisik komputer,
dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi
didalamnya, dan dibedakan dengan perangkat Lunak (Software) yang menyediakan
intruksi untuk perangkat keras dalam menyelsaikan tugasnya. Batasan antara
perangkat Keras dan perangkat Lunak adalah Frimeware.
Komputer pada umumnya adalah Komputer Pribadi (PC), dalam bentuk Desktop
atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut :
v
Papan Induk (Motherboard), beberapa Komponen
yang ada di Papan Induk :
·
RAM
·
Bus PCI
·
USB
·
AGP
·
ROM
·
CPU
v
Power Suplly
v
Pengontrol Penyimpanan , dari jenis IDE,SCSI,
atau lainnya.
v
Pengontrol Penampilan Video yang memproduksi
output untuk komputer display.
v
Pengontrol Komputer
Bus(Paralel,Serial,USB,Firewire).
v
Bebrapa jenis penyimpanan komputer :
Ø
CD : CD-ROM,CD-RW,CD-R
Ø
DVD : DVD-ROM,DVD-RW,DVD-R
Ø
Floppy Disk
v
Penyimpanan dalam untuk menyimpan data dalam
komputer jangka panjang:
Ø
Harddisk.
Ø
Disk Array Controller
Ø
Kartu Suara
Ø
Jaringan Komputer : Modem,Kartu Network.
v
Alat Lainnya :
Ø
Input :Keyboard,Mouse,Trackball,Joystick,Scanner,Webcam,dll.
Ø
Output :Printer,Speaker,Monitor.
Ø
Networking :Modem,Kartu
Network.
3.
Pemrosesan
Komputer
Pemrosesan
Unit pemrosesan Pusat atau CPU, berperan untuk memproses arahan,
melaksanakan perkiraan, dan mengurus laluan informasi terusan System
komputer.Unit atau piranti pemrosesan juga akan berkomunikasi dengan piranti
input,output,dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Unit Aritmatika dan Logika (ALU) adalah alat yang melakukan pelaksanaan
dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan,pengurangan ,dan
semacamnya),pelaksanaan logis (AND,OR,NOT), dan pelaksanaan perbandingan
(Misalnya membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan).
Input dan Hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan
menaruh hasil kerjanya disana, dapat berbentuk Hardcopy ataupun Softcopy. Ada
berbagai macam alat I/O, dari yang akrab Keyboard ,Monitor, dan Disk Drive, ke
yang lebih tidak biasa seperti Webcam dan sebagainya.
Program
Program Komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh
komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi
Jutaan perintah , dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali, bahkan
sebuah PC modern (tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 MILYAR perintah dalam
SEDETIK.
Sistem Operasi
Sistem Operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna.
Sistem Operasi menentukan program yang mana dijalankan ,kapan, dan alat mana
(seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem Operasi juga memberikan
servis kepada program lain, seperti Kode (Driver) yang membolehkan programer
untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari
semua alat elektronik yang terhubung.
D.
KOMPONEN HARDWARE
1.
Papan
Induk (Mohtherboard)
Papan Induk adalah papan sirkuit yang ditempeli dengan CPU,Memori utama,
Video Card,RAM, serta berbagai komponen lain yang mendukung kinerja suatu
komputer.
2.
Komponen
pada Motherboard
PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah Bus yang didesain untuk
menangani beberapa perangkat keras. Komputer lama menggunakan slot ISA, yang
merupakan fcUS yang lamban sejak kemunculannya sekitar tahun 1992,Bus PCI masih
digunakan sampai sekarang hingga keluar versi terbarunya yaitu PCI Express
(Addon). Bebrapa Contoh Bus :
Ø
BUS ISA
Bus ISA (Industry Standard Architecture) adalah sebuah arsitektur bus
dengan bus data selebar 8-bit yang diperkenalkan dalam IBM PC 5150 pada tanggal
12 Agustus 1981.
Ø
ISA 8-bit
Bus ISA 8-bit merupakan varian dari BUS ISA, dengan bus data selebar
8-bit, yang digunakan dalam IBM PC 5150 (Model PC Awal).
Ø
ISA 16-bit
Bus ISA 16-bit adalah sebuah bus ISA yang memiliki bandwitch 16-bit,
sehingga mengizinkan transfer rate dua kali lebih cepat dibandingkan dengan ISA
8-bit pada kecepatan yang sama.
Ø
AGP
Bus AGP, singkatan dari Accelerated Graphics Port adalah sebuah bus yang
dikhususkan sebagai bus pendukung kartu gratis berkinerja tinggi, menggantikan
bus ISA,bus VESA, atau bus PCI yang sebelumnya digunakan.
3.
VGA
Video Graphics Array adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang
dipasarkan pertama kali oleh IBM pada
1987. Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu pada resolusi layar
berukuran 640x480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA
berguna untuk menerjemahkan Output (keluaran) komputer ke Monitor. Untuk
menggambar/desain gratis ataupun untuk bermain game , kita perlu VGA yang
tinggi kekuatannya.
4.
RAM
RAM (Random Acces Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang
isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data
tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori unit, seperti tape
magnetik,disk,dan drum, dimana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa
komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Beberapa jenis RAM, dari atas ke bawah : DIP,SIPP,SIMM 30-pin, SIMM
72-pin, DIMM,DDR DIMM.
-
SRAM atau Static RAM
-
NV-RAM atau Non-Votaile RAM
-
DRAM atau Dynamic RAM
a.
Fast Page Mode RAM
b.
EDO RAM atau Extended Data Out RAM
c.
XDRD RAM
d.
SDRRAM atau Synchronous RAM.
5.
I/O
(INPUT/OUTPUT)
Unit I/O adalah bagian dari sistem mikroprocessor yang digunakan untuk
berhubungan dengan dunia luar. Unit Input adalah unit luar yang digunakan untuk
memasukan data dari luar ke dalam mikroprocessor ini, contohnya dta yang
berasal dari keyboard atau mouse. Unit Output biasanya digunakan untuk
menampilkan data ,atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan
oleh mikroprocessor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor
atau printer.
6.
HARDDISK
Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data
Sekunder dan berisi piringan Magnetis, dan pertama kali dibuat oleh Insinyur
IBM, REYNOLD JOHNSON ditahun 1952.
7.
SCSI
SCSI singkatan dari Small Computer System Interface, adalah sebuah
antarmuka bus berkinerja tinggi yang didefinisikan oleh panitia ANSI
X3T9.2(American National Standards Institute).
8.
UNIVERSAL
SERIAL BUS
Universal Serial Bus (BUS) adalah standar bus berseri untuk perangkat
penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan peralatan lainnya
seperti konsol permainan dan PDA. Sistem USB mempunyai desain yang asimetris,
yang terdiri dari pengontrol host dan beberapa peralatan terhubung yang
berbentuk pohon dengan menggunakan peralatan HUB yang khusus.
9.
KONEKTOR
USB (Tipe A & B)
Desain USB ditujukan untuk menghilangkan perlunya penambahan expansion
card ke ISA computer atau BUS-PCI, dan memperbaiki kemampuan plug-and-play
dengan memperbolehkan peralatan ditukar atau ditambah ke sistem tanpa perlu
me-Reboot komputer. Ketika USB dipasang, isa langsung dikenal sistem komputer
dan memproses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya.
10.
ADVANCED
TECHNOLOGY ATTACHMENT
Advanced Technology Attachment (ATA) adalah interface standar untuk
menghubungkan storage Device seperti harddiskdan CD ROM drives dalam personal
Komputer. Banyak terdapat istilah dan sinonim lain untuk ATA, termasuk
singkatan-singkatan shi,ATAPs, dan UhMA.
11.
CPU
Sebuah CPU singkatan dari Central Processing Unit menunjuk ke bagian dari
perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan intruksi dan data yang
terdapat dalam perangkat lunak. Istilah yang lebih umum processor kadangkala
digunakan untuk menunjuk ke CPU.
12.
PROCESSOR
Berikut ini Beberapa macam jenis Processor :
-
INTEL : Intel Pentium 4, Intel Core 2, Intel
Core i3, dll.
-
AMD :
Turion64, Duron, Sempron, Kryptonite (K5), NexGen, Athlon, dll.
13.
DISKET
Disket atau Floppy Disk adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang
terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur
yang dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.
14.
CD-ROM
CD-ROM (Compact Disc – Read Only Memory) adlah sebuah piringan kompak
dari jenis piringan optik (optical disk) yang dapat menyimpan data. Ukuran data
yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700 MB atau 700 juta bit. CD-ROM
bersifat read only (hanyat dapat dibaca dan tidak dapat ditulisi).
15.
CD-RW
CD-RW (Compact Disk Rewritable) yakni sebuah media penyimpanan cakram
berbasis optik yang dapat ditulisi dan dihapus lagi untuk ditulisi lagi untuk
menyimpan data.
16.
CD-R
CD-R (Compact Disk – Recordable) merupakan jenis cakram padat yang dapat
diisi dengan data, salah satu jenis media penyimpanan eksternal pada komputer.
Secara fisik CD-R merupakan CD polikarbonat kosong berdiameter 120 mm sama
seperti CD-ROM. Awalnya CD-R dilapisi emas sebagai media refleksinya.
17.
DVD
DVD
adalah sejenis cakram optis yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk
film dengan kualitas Video dan Audio yang lebih baik dari kualitas VCD.
Terdapat pula perangkat lunak yang membolehkan pengguna backup DVD sendiri
seperti DVD Decrypter dan DVD Shrink.
BAB II
ALAT PENDUKUNG OPERASIONAL
KOMPUTER
ALAT PENDUKUNG OPERASIONAL
KOMPUTER
A.
ALAT INPUT
1.
Keyboard
Papan Ketik (Keyboard) adalah peralatan magnetik yang digunakan untuk
mnginput (memasukkan) teks dan juga untuk mengatur pengoperasian komputer.
Keyboard terdiri dari tombol kotak-kotak yang tersusun. Tombol tersebut
mempunyai huruf-huruf atau simbol yang tercetak diatasnya yang menunjukan huruf
atau simbol yang akan ditampilkannya di monitor bila ditekan. Selain itu bila
kita menggabungkan dua tombol dengan menekannya secara bersamaan , kita kadang
akan mendapatkan fungsi atau input khusus.
2.
Mouse
Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer
selain keyboard. Mouse berbentuk seperti seekor tikus yang menjadi asal nama
bahasa inggrisnya (Mouse).Bentuk mouse yang umumnya adalah dua tombol,
masing-masing di kiri dan kanan yang bisa di “KLIK”. Mouse bekerja dengan
menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh sebuah permukaan yang keras
dan rata.
Mengoperasikan Mouse Mekanis :
a.
Bola akan berputar saat mouse ditarik.
b.
Roller X dan Y memegang bola tersebut dan
memindahkan gerakan.
c.
Disk Disk pengkode optikal termasuk lubang-lubang
cahaya.
d.
LED Inframerah memancar melalui disk-disk
tersebut.
e.
Sensor-sensor mengumpulkan pulsa-pulsa cahaya
untuk mengubah kecepatan X dan Y
3.
Joystick
Joystick ialah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat
bergerak ke empat arah (kiri-kanan- dan maju-mundur). Joystick sangat jamak
digunakan bagi aplikasi permainan komputer dan tersedia dalam berbagai bentuk,
mulai dari bentuk joystick pesawat terbang, stir mobil, dan gamepad.
4.
Scanner
Scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk
maupun sifat benda, seperti dokumen,foto,gelombang,suhu, dan lain-lain. Hasil
scanner an itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai
data digital. Diantara jenis-jenis Scanner, Scanner gambar adalah yang paling
sering disebut sebagai Scanner. Berikut Beberapa jenis Scanner :
Ø
Scanner Gambar
Ø
Scanner Barcode
Ø
Scanner Sinar-X
Ø
Scanner Cek
Ø
Scanner Logam
Ø
Scanner Optical Mark Reader (OMR).
Bila dikelompokkan berdasarkan
cara memasukkan kertas, Scanner gambar terdiri dari 2 jenis, yaitu :
v
Flatbed :
Pada scanner Flatbed, kertas diletakkan diatas kaca Scanner, kemudian
lampu dan sensor Scanner akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk
memperoleh gambarnya.
v
Automatic Document Feeder (ADF)
Pada Scanner ADF, kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu persatu
kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik scanner dengan adanya pad assy dan
roller. Pada daat kertas bergerak diatas lampu Scanner sensor Scanner bekerja
untuk memperoleh gambar yang mempresentasikan kertas tsb.
5.
Webcam
Webcam (Web Camera) adalah sebutan bagi kamera realtime (bermakna keadaan
pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide
Web, program Instant Messaging, atau aplikasi video call.
B.
ALAT OUTPUT
1.
Printer
Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk
cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, diatas kertas. Printer biasanya
terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari
Tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau Toner adalah alat pencetak
sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan
untuk menulis pada kertas.
2.
Pengeras
Suara
Pengeras Suara (Loud Speaker) adalah komponen elektronika yang meneriman
sinyal masukan dan memberikan respon keluaran berupa Frekuensi Audio (suara)
dengan cara menggertarkan komponennya yang berbentuk selaput.
C.
JARINGAN
Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang
terdiri dari atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja
bersama-sama untuk mencapai satu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan
komputer adalah :
a.
Membagi sumber daya : contohnya berbagi
pemakaian printer,CPU,Memori,Harddisk.
b.
Komunikasi : contohnya surat elektronik, Instant
Messaging,Chatting.
c.
Akses Informasi : Contohnya Web Browsing.
Agar dapat mencapai tujuan yang
sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan Layanan
(Service). Pihak yang meminta layanan tersebut disebut Klien (Client) dan yang
memberikan layanan disebut pelayan (Server). Arsitektur ini disebut dengan
sistem Client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan
komputer.
1.
KLASIFIKASI
A.
Berdasarkan Skala :
Ø
Local Area Network (LAN), Mencakup Satu
Tempat/Lokal.
Ø
Metropolitan Area Network (WAN), Mencakup Satu
Kota.
Ø
Wide Area Network (WAN), Mencakup Satu Negara.
Ø
Internet , Mencakup Global/Dunia.
B.
Berdasarkan Fungsi :
1.
Client-Server
Yaitu Jaringan Komputer dengan Komputer yang didedasikan khusus sebagai
Server. Sebuah Service/Layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih.
2.
Peer-to-Peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga
menjadi Client secara bersamaan.
3.
Berdasarkan Topologi Jaringan
-Topologi Bus
-Topologi Bintang
-Topologi Cincin (Ring)
-Topologi Mess.
-Dll.
2. MODEM
Modem Berasal dari dai singkatan Modulator DEMolator. Perangkat keras ini
digunakan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog sehingga data
dari komputer dari Komputer bisa dikirimkan melalui saluran telepon atau
saluran lainnya.
3..KARTU JARINGAN
Kartu Jaringan (NIC=Network Interface Card) adalah sebuah kartu yang
berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Ada Dua
jenis NIC yang beredar , yaitu NIC FISIK dan NIC LOGIS.
A.
NIC
FISIK
NIC Fisik umumnya berupa kartu yang dapat dtancapkan ke dalam sebuah slot
dalam Motherboard komputer,yang dapat berupa kartu dengan Bus ISA,bus PCI,bus
EISA, bus MCA, atau bus PCI Express. Kartu NIC Fisik terbagi menjadi 2, Yaitu
Media-Specific NIC dan Architecture Specific NIC.
B.
NIC
LOGIS
NIC Logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik, dan
menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalkan di atas sistem operasi,
dan bekerja seolah-olah dirinya sebuah NIC. Contohnya adalah NIC Adapter.
0 komentar:
Posting Komentar