Kamis, 05 Januari 2017

DASKOM BAB 4 : ELEMEN-ELEMEN DALAM SISTEM PENGOLAHAN DATA

BASIS DATA

   Basis Data (database) atau sering pula dieja basisdata adalah kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. 
Perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah dan memanggl query basis data disebut sistem manajemen basis data (Database managment system,DBMS). Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan - catatan, atau potongan dari pengetahuan.
Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya. penjelasan ini disebut skema. ada banyak cara untuk mngkoordinasi skema, atau memodelkan strutur basis data. model yg umum digunakan sekarang adalah model rasional,
yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel - tabel yg saling berhubungan dimana setiap tebel terdiri dari baris & kolom (definisi yg sebenarnya menggunakan terminologi matematika).

PERANGKAT LUNAK BASIS DATA

perangkat lunak basis data yg banyak digunakan dalam pemograman dan merupakan perangkat basis data aras tinggi ( high level) :
1. DB2
2. Microsoft SQL Server
3. Oracle
4.Sybase
5. Interbase
6. Xbase
7. Firebird
8. Mysql
9. Dll.

selain perangkat lunak diatas terdapat juga perangkat lunak pemograman basis data aras rendah (low level), diantaranya :

1.  Btrieve
2. Tsunami Record Manager


MICROSOFT SQL SERVER

microsoft sql server adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk microsoft. Bahasa query utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Miscrosoft da Sybase.

BASIS DATA ORACLE
basis data oracle adalah basis data relasional yg terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen bisnis data RDBMS.

XBASE
xbase adalah salah satu cabang pemograman RDBMS tradisional, untuk mengolah database, saat ini yang sering digunakan adalah foxpro dan Clipper.

SISTEM MANAJEMEN BASIS DATA RELASIONAL

sebuah sistem manajemen basis data relasional atau dalam bahasa inggrisnya dikenal sebagai relasional database management system (RDBMS) adalah sebuah program komputer
yg di disain untuk mengatur sebuah basis data sebagai sekumpulan data yg disimpan secara tersetruktur, dan melakukan operasi - operasi atas data atas permintaan penggunanya.

FIREBRD
firebird (firebirdSQL) adalah sistem manajemen basisdata relasional yg menawarkan fitur - fitur yang terdapat dalam standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003.

MYSQL
mysql adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL / DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi diseluruh dunia.

POSTGRESQL
adalah sebuah sistem basis data yg disebarluaskan secara bebas menurut perjanjian lisensi BSD.

MICROSOFT ACCESS
adalah sebuah program aplikasi basis data kompuer ralasional yg ditunjukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah.

CLIPPER
adalah bahasa pemograman komputer keluarga XBase yang digunakan untuk membuat program komputer utamanya yg berjalan pada sistem operasi DOS. 

SPREADSHEET

lembar kerja atau lembar sebar adalah tabel informasi berbentuk kotak dengan baris dan kolom yang berisi penghitungan-penghitungan yang digunakan untuk melakukan analisa komparatif.

OPENOFFICE.ORG
adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka(open source) yg dapat diperoleh secara gratis.

MICROSOFT EXCEL
adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh microsoft corporation untuk sistem operasi wondows dan mac.os.

PENGOLAH KATA
adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi segala jenis bahan yg dicetak.

DESAIN GRAFIS
adalah suatu bentuk komunikasi visual yang enggunakan teks dan atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan.

COREL DRAW
adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh corel, sebuah perusahaan yang bermarkas di otawa, kanada.

ABOBE SYSTEMS
adalah perusahaan perangkat lunak yang bergerak dibidang grafis, animasi dan pengembangan web.

BAHASA PEMOGRAMAN
adalah teknik komando/intruksi standar untuk memerintah komputer. bahasa pemograman adalah bahasa yang dapat diterjemahkan menjadi kumpulan perintah-perintah
dasar tersebut.

BAHASA RAKITAN
adalah bahasa pemrograman komputer tingkat rendah.

BASIC
singkatan dari Beginners All-Purpose Symblolic Intruction Code adalah kolompok bahasa pemograman tingkat tinggi. 

VISUAL BASIC
adalah bahasa pemograman generasi ke-4 yang diciptakan oleh microsoft.

VISUAL BASIC FOR APPLICATIONS
adalah sebuah turunan bahasa pemograman visual basic yang dikembangkan oleh microsoft dan dirilis pada tahun 1993, yg ditujukan untuk aplikasi-aplikasi tertentu.

VBSCRIPT
adalah sebuah bahasa script yang diinterpretasikan saat dieksekusi yang dikembangkan oleh microsoft corporation pada tahun 1996, yang sering digunakan dalam penjelajahan web internet explorer.

VISUALBASIC.NET
adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak diatas sistem.

COBOL
adalah singkatan dari Common Business Oriented Language . Cobol adalah bahasa pemograman generasi ketiga.

FOTRAN
pertama kal dikembangkan pada tahun 1950.

PASCAL

BORLAN DELPHIE

TURBO C++

JAVA

JAVASCRIPT

JSP

PERL

PROLOG

PYTHON

PHP

PIKE

SQL


0 komentar:

Posting Komentar