Selasa, 03 Januari 2017

DASKOM BAB 3 : SISTEM OPERASI

BAB 3
SISTEM OPERASI
Dalam ilmu komputer, operasi (SO, atau dalam Bahasa inggris; Operating system atau OS) adalah suatu software system yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen hardware serta operasi-operasi dasar system, termasuk menjalankan soft-ware aplikasi seperti program-program pengoalah kata dan browser web.
            Secara umum, system operasi adalah software pada lapisan pertama yang di taruh pada memori computer pada saat computer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya di jalankan setelah system operasi berjalan, dan system operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, scheduling task, dan antar muka user. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut di namakan dengan “kernel” susatu Sistem Operasi.
      A.      KERNEL (ILMU KOMPUTER)
Dalam ilmu komputer, kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah Sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.
     B.      BEBERAPA DESAIN KERNEL
Sebuah kernel system operasi tidak harus ada dan du butuhkan untuk menjalankan sebuah komputer. Program dapat langsung di jalankan secara langsung di dalam sebuah mesin ( contohnya adalah CMOS setup) sehingga para pembuat program tersebut membuat program tanpa adanya dukungan dari Sistem operasi atau hardware abstraction.  Cara kerja seperti ini, adalah cara kerja yang di gunakan pada zaman awal-awal dikembangkan komputer ( pada sekitar tahun 1950).
            Para arsitek sistem operasi mengembangkan kernel sistem operasi yang pada akhirnya terbagi menjadi empat bagian yang secara desain berbeda, sebagai berikut:
1.      Monolithickernel
2.      Microkernel
3.      Hybrid kernel
4.      Exokernel
     C.      CONTOH IMPLEMENTASI KERNEL

Windows
Pada sistem operasi windows, kernel di tangani oleh file kernel32.dll.
Kernel ini menangani manajemen memori, operasi masukan atau keluaran dan interrupt ketika boot windows, kernel32.dll di-load ke dalam spasi protected memori sehingga spasi memorinya tidak di gunakan aplikasi lain. Apabila ada aplikasi yang mencoba mengambil spasi memori kernel32.dll, akan muncul pesan kesalahan “invalid page fault”.
Biasanya, istilah sistem operasi  sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall.

Sitem operasi saat ini
Sistem operasi yang di pakai oleh komputer terbagi menjadi tiga kelompok besar :
1.      Keluarga Microsoft windows yang antara lain terdiri dari
windows desktop environment
windows 9x
windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, windows 2000,Windows server 2003 dan Windows Vista yang di rilis pada tahun 2007).
2.      KeLuaran Unix yang menggunakan antar muka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD(Berkeley software Distribution).
3.      Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran apple yang biasa di sebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (TIGER). Awal tahun 2007 di rencanakan peluncuran versi 10.5 (LEOPARD).
PROSES
Prosesor  mengeksekusi program-program komputer. Prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang mnejalankan instruksi-instruksi program komputer. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi.

Program adalah sederetan instruksi yang di berikan kepada suatu komputer. Sedangkan proses adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam ragkaian eksekusinya. Di Dalam bahasan sistem operasi kita lebih sering membahas proses di bandingkan dengan program. Pada sistem operasi modern, pada satu saaat tidak seluruh program dimuat dalam memori, tetapi hanya satu bagian saja dari program tersebut. Sedangkan bagian lain dari program tersebut tetap beristirahat di media penyimpanan disk.

Setiap proses dalam sebuah sistem operasi mendapatkan seuah PCB (proses control block) yang memuat informasi tentang proses tersebut, yaitu : sebuah tanda pengenal proses (proses id) yang unik dan menjadi nomor identitas, suatu proses, prioritas eksekusi proes dan informasi lokasi proses dalam memori. Prioritas proses merupakan suatu nilai atau besaran yang menunjukan seberapa sering proses harus dijalankan oleh prosesor.

STATUS PROSES
Jenis yang mungkin dapat disematkan pada suatu proses pada setiap sistem operaasi dapat berbeda-beda. Tetapi paling tidak ada  3 macam status yang umum, yaitu:
1.      Ready yaitu dimana dalam proses siap untuk di eksekusi pada giliran berikutnya.
2.      Running yaitu suatu dimana saat ini proses sedang di ekseskusi oleh prosesor.
3.      Blocked yaitu dimana proses tidak dapat dijalankan pada saat prosesor siap/bebas.

     D.     SYSTEM OPERASI WINDOWS
Microsoft windows atau lebih dikenal dengan sebutan windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang di kembangkan oleh mcrosoft yang menggunkan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).

Versi-versi windows yang telah di rilis
1.      16-bit berjalan di atas MS-DOS 1985 November -  windows 1.0
-          1987 9 desember - windows 2.0
-          1990 22 mei - windows 3.0
-          1992 agustus - windows 3.1
-          1992 okteober - windows for workgroups 3.1
-          1993 november -  windows for workgroups 3.11
2.      Hibrida (16-bit/32-bit), berjlan tanpa MS-DOS (meski tidak sepenuhnya)
-          1995 24 agustus -  windows 95 (versi: 4.00.950)
-          1998 25 juni – windows 98 (vesi: 4.1.1998)
-          1999 5 mei – windows 98 second edition (vesi: 4.1.2222)
3.      Berbasis kernel windows NT
-          1993 Agustus – windows NT 3.1
-          1994 september – windows NT 3.5
-          1995 juni – windows NT 3.51
-          1996 29 juli – windows NT 4.0
-          2001 februari – windows 2000 (versi: NT 5.0.2195)
-          2002 –  Windows XP (versi: NT 5.1.2600)
-          2003 – WINDOWS SERVER 2003 (VERSI: NT 5.2.3790)
-          2007 – windows vista (versi: 6.0 build 6000)
VERSI YANG AKAN DATANG
-          2007 – 2008 – windows server 2008 (versi 6.1)
-          2010 – 2012 – windows “Vienna”.

MS-DOS
MS-DOS, Singkatan dari Microsoft disk operating system, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak di gunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum Pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal dengan sebutan GUI) untuk di pasar mainstream, yang di sebut dengan  Microsoft windows.

 WINDOWS 3X
Windows 3.0 merupakan versi ketiga dari sistem operasi berbasis graphical user interface yang di buat oleh Microsoft Corporation yang di rilis pada tanggal 22 mei 1990.
Windows 3.0 memiliki semua kelebihan dari windows 2.xx, seperti dukungan untuk kartu grafik VGA ( bahkan untuk kartu SVGA atau XGA), icon yang lebih kaya, dan GUI yang sedikit lebih manis di bandingkan dengan windows 2.xx.
Salah satu populernya windwos 3.00 adalah karena Microsoft menyediakan SDK (software development kit) untuk windows 3.00, sehingga para pengembang akan lebih mudah dalam menulis dan mengembangkan aplikasinya untuk windows
Windows 3.00 memang cukup sukses di pasaran, tapi windows 3.10 jauh lebih sukses di banding windows pendahulunya itu, babhkan di sebut best-selling GUI dalam sejarah. Microsoft meluncurkan widows 3.10 pada  tanggal 6 april 1992, di lengkapi dengan fitur multimedia (MIDI,WAVE,CD AUDIO), dan true tipe font (TTF).
WINDOWS 95
WINDOWS 95 adalah sistem hibrida 16-Bit/32-bit yang di produksi oleh Microsoft . windows 95 di perkenalkan ke publik  pada tanggal 14 agustus 1995, menyusul kampanye iklan yang agresif dari Microsoft.
Windows 95 di perkenalkan dengan menggunakan rancangan menu “start”, menu inovatif untuk mengakses grup program (pengguna program manajer), selain itu juga di perkenalkan windows explorer sebagai pengganti file manager, dukungan plug-and-play, dukungan program palikasi MS-DOS dan wndows 16-Bit dan windows 32-Bit, dan dukungan bagi nama-nama berkas (file) yang panjang, yang mendukung penamaan hingga 256 karakter, dan browser opsional Microsoft internet explorer.
 FITUR
Windows 95 memiliki fitur-fitur sebagai berikut :
-          Sebuah antarmuka grafis yang di desan ulang (sangat berbeda dengan windows 3x), yakni desktop yang dapat dikonfigurasikan, adanya taskbar, tombol star, dan menu konteks.
-          Kompatibilitas dengan perangkat keras yang lama, serta aplikasi MS-DOS 16-Bit serta windows 16-Bit.
-          Arsitektur 32-Bit untuk driver perangkat, yang di sebut virtual device driver(VXD).
-          Fungsi multitasking yang di tingkatkan.
-          Subsitem jaringan, subsitem disk dan subsistem pencetakan yang berbasis 32-Bit dan juga terinteragrasi.
-          Dukungan atas nama berkas yang erkarakter panjang.
-          Dukungan plug and play untuk mendeteksi instalasi perangkat keras dan di konfigurasi terhadapnya secara otomatis.
-          Dukungan advanced power management (AFM) untuk manajemen daya.
-          Dukungan multimedia (audio/video) terintegrasi .
-          Dukungan terhadap manajemen secara terpusat dari server, seperti halnya group , dan user profile.
WINDOWS 98
Windows 98 adalah sistem operasi windows yang di keluarkan Microsoft pada 25 juni 1998. Windows 98 merupakan pengembangan dari windows 95, dan kemudian di teruskan oleh windows me.
WINDOWS 98 First Edition
Windows 98 adalah penerus dari windows 95, dengan tambahan dukungan AGP, USB, Plug and  Play yang lebih baik lagi, sistem berkas FAT32 dan internet explorer versi 4.0 windows 98 adalah upgrade dari windows 95. Seperti yang dideskripsikan sebagai sistem operasi, “work better, plays better,” windows 98 adalah versi windows pertama yang di desain secara spesifik untuk konsumen.


WINDOWS 98SE
Windows 98SE menambahkan dukungan pada internet explorer 5, NAT untuk berbagi koneksi internet, dgital versatile disk (DVD), Windows driver model (WDM) yang menggantikan model  virtual device driver(VXD) serta windows netmeeting 3. Sistem ini menganut prinsip hibrida dengan dukungan kernel 16-bit/32-bit, dan masuk pada family windows 9x.

WINDOWS NT
Windows NT merupakan sebuah sistem operasi 32-bit dari Microsoft yang menjadi leluhur sistem operasi windows-2000, 2indows xp, windows server 2003, dan windows vista. Sistem operasi tersebut pada awalnya mendukung beberapa platform mikroprosesor, dimulai dari intel 80x86 (hingga sekarang), MIPS R4x00 (dihentikan pada versi windows NT 4.0), Digital equipment corporaton alpha AXP (dientikan pada versi windows 2000 bea 3), IBM PowerPC (dimulai dari versi windows NT 3.51 dan di hentikan pada versi windows NT 4.0), Serta beberapa flatform lainnya, seperti clipper dan SPARC (tidak dirilis untuk umum, Karena di buat oleh pihak ketiga, Intergraph). Saat ini, sistem operasi berbasisi windows NT hanya mendukung flatform intel 80x86 intel IAGA dan AMD64 (atau x64), sementara platform lainya tidak di dukung lagi, mengingat kurangnya dukungan dari pihak ketiga untuk prosesor tersebut.
SEJARAH
Windows NT sebenarnya di bangun dari puing-puing sisa pengembangan dari sistem operasi IBM OS/2 versi 3.0, dimana dalam pengembangan sistem operasi tersebut Microsoft dan IBM melakukan pengembangan secara bersama-sama.  Beberapa saat sebelum sistem operasi tersebut rampung, Microsoft dan IBM mengakhiri hubungan mereka, dan akhirnya proyek IBM OS/2 terbengkalai. Hal ini di akibatkan oleh kesuseksan sistem operasi grafis yang berjalan di atas MS-DOS, Microsoft windows versi 3.0, yang terjual lebih dari sejuta Salinan dalam waktu kurang dari sebulan. Sistem operasi IBM OS/2 versi 3.0 ini memiliki nama kode NTOS/2. Dan akhirnya Microsoft mengembangkan windows NT sendirian, tanpa di bantu IBM.
Selama tiga tahun pengembangan, windows NT pada akhirnya menjadi sistem operasi yang benar-benar baru.

EDISI
windows NT diluncurkan dalam beberapa edisi, meskipun produk tersebut dibangun dengan kode sumber yang sama , yaitu sebagai berikut :
1.      Windows NT workstation, yang di khususkan untuk pengguna pada workstation jaringan.
2.      Windows NT server yang di khususkan untuk pengguna pada server jaringan.
3.      Windows NT Enterprise server atau windows NT advanced server, yang sama-sama di tujukan untuk penggunaan pada server jaringan, tetapi menawarkan lebih banyak fungsi dan fitur dari pada windows NT server standar.
VERSI
Sejak pertama kali di luncurkan, windows NT telah mengalami bebrapa perbaikan  versi, yaitu sebagai berikut :
1.      Windows NT versi 3.1.
2.      Windows NT versi 3.50.
3.      Windows NT versi 3.51.
4.      Windows NT versi 4.0.
5.      Windows NT versi 5.0 (atau di kenal dengan nama windows 2000, versi internalnya 5.0 build 2195).
6.      Windows NT versi 5.1 (atau di kenal dengan windows XP versi internalnya 5.1 build
7.      Windows NT versi 5.2 ( atau di kenal dengan windows server 2003 versi internalnya build 3790).
8.      Windows NT versi 6.0 ( atau di kenal dengan windows vista).
9.      Windows NT versi 6.1 ( atau di kenal dengan windows server 2008, yang memiliki codename longlorn server).

FITUR
Windows NT memiliki fitur-fitur yang maju, meskipun kebanyakan fitur tersebut tidaklah di Dukungan penuh untuk prosesor 32-Bit
Windows NT merupakan sistem operasi yang tidak di bangun dari MS-DOS ( tidak seperti windows 95). Semua fitur yang di tawarkan oleh mikroprosesor intel 386DX keatas (prosesor 32-Bit) dapat digunkan oleh windows NT, seperti penggunaan modus terproteksi (protected mode), 32-Bit flat linear addres yang mampu mengalamti memori hingga 4 GB, dan beberapa fitur lainnya.
-          Dukungan aplikasi
-          Keamanan
-          Dukungan sistem berkas
-          Desain full GUI

WINDOWS 2000
Windows 2000 (atau Windows NT 5.0 build 2159) adalah sebuah versi sistem
Operasi windows yang merupakan versi pengembangan dari windows NT versi 4.0, dikeluarkan oleh Microsoft tanggal 17 februari 2000 di amerika serikat, setelah beberapa kali mengalami penundaan peluncurannya.

FITUR
Windows 2000 menambahkan beberpaa fitur baru, yaitu :
1.      Active directory yang baru
2.      Image preview
3.      Browser explorer yang baru, yaitu internet explorer 5.0.
4.      Dukungan untuk Microsoft direcxt.
5.      Windows media player 6.4 terintegrasi.
6.      Plug and play yang lebih canggih, sehingga memasang hardware tertentu dapat langsung berjalan tanpa harus melalui proses restart.
7.      Menggunakan driver untuk hardware berbasis windows driver model atau di kenal juga dengan WDM.
8.      Dukungan untuk manajemen daya yang lebih baik, yaitu ACPI (Advanced configuration and power interface) yang dapat menghemat daya, utamanya ketika di gunakan pada komputer portable seperti halnya laptop atau notebook.
9.      Terminal service yang lebih terntegrasi.

PERKEMBANGAN
Windows 2000di kenal dengan kode “windows NT 5.0” dan sebelum meluncurkan windows NT 4.0, windows 2000 sempat dikenal dengan kode “cairo”, tetapi tidak jadi untuk di luncurkan, sehingga windows 2000 merupakan sebuah versi yang sama sekali tidak emiliki nama kode khusus. Microsoft mengubah nama “NTS” menjadi windows 2000 pada tanggal 27 oktober 1998.

VERSI
Windows 2000 terbagi menjadi beberapa versi, yaitu :
1.      Windows 2000 professional, yang ditujukan untuk menggantikan windows NT workstation 4.0.
2.      Windows 2000 server, yang di tujukan untuk menggantikan windows NT server 4.0.
3.      Windows 2000 advanced server, yang di tujukan untuk menggantikan windows NT enterprise server.
4.      Windows 2000 datacenter server, yang merupakan sebuah kasta baru site operasi windows 2000, yang di tujukan sebagai alat pengolah pusat basis data yang sangat dibutuhkan dalam pasar koorporat.
5.      Windows 2000 limited edition, yang didesain secaara khusus untuk mikroprosesor intel itanium yang menggunakan arsitektur IA-64 dari inter corporation.

WINDOWS XP
Windows xp atau windows 5.1 build 2600 adalah sebuah versi sistem operasi windows yang di luncurkan oleh Microsoft corporation pada tanggal 25 oktober 2001 di amerika serikat.
Sebelumnya, Microsoft telah meluncurkan windows versi 5.0 atau yang dikenal dengan windows 2000, baik itu edisi server maupun edisi professional (untuk desktop kantoran). Namun pada kenyataan sebagian besar pengguna menggunakan windows xp professional.

Nama XP sendiri, menurut Microsoft merupakan singkatan dari kata experience, yang artinya windows XP membawa pengalaman baru dalam dunia komputasi, atau setidaknya begitulah yang diharapkan oleh Microsoft.

Perubahan user interface dan tatacara penggunaan memang sangat revolusioner, seperti yang terjadi dari DOS ke windows 3.0, dan dari windows 3.1 ke windows 95. Perubahan revolusioner lagi akan terjadi pada peluncuran Microsoft windows vista.

LATAR BELAKANG
Windows xp sebelumnya dikenal dnegan kode sandi “whistler”, yang mulai di kembangkan oleh para pengembang Microsoft pada pertengahan tahun 2000-an. Bersamaan dengan proyek ini, Microsoft juga tengah menggarap proyek windows generasi terbaru penerus windwos me ( millennium edition) yang di namakan dengan kode sandi”windows Neptune” yang di proyeksikan sebagai “windows NT versi rumahan”.

Setelah windows me di anggap kurang sukses menyaingi kesuksesan windows 98, Microsoft pun akhirnya memutuskan untuk mengawinka dua buah sistem operasi windows tersebur ( sistem operasi berbasis windows NT dan sistem operasi berbasis windows 9x) ke dalam sebuah produk. Itulah yang kita kenal sekarang dengan sebutan WINDOWS XP.

EDISI
Windows xp muncul dalam banyak jenis:
-          Windows xp professional
-          Windows xp home edition
-          Windows xp media center edition
-          Windows xp tablet pc edition
-          Windows xp starter edition
-          Windows xp professional x64 edition
-          Windows xp professional 64-Bit edition for itanium
BEBERAPA FITUR DARI WINDOWS XP PROFESSIONAL (karena di anggap paling lengkap)
-          Dukungan terhadap sistem domain active directori
-          Memiliki pengaturan kontrol pengaturan akses yang lebih canggih di bandingkan dengan sistem operasi sebelumnya
-          Mendukung sistem berkas terenkripsi (EFS)
-          Mendukung manajemen sistem secara terpusat dukungan terhadap arsitektur multiprosesor simetris

WINDOWS SERVER 2003
Windows server 2003 merupakan sebuah versi sistem operasi Microsoft windows yang di tujukan untuk pasar server koorporat. Nomor versi internalnya adalah Microsoft windows NT 5.2 build 3790. Dulunya dikenal dengan NET SERVER, Windows .NET Server,atau whistler server. Sistem operasi ini merupakan kelanjutan dari sistem windows 2000 server.

SEJARAH PERKEMBANGAN
Windows server 2003 meiliki nama kode whistler server mulai di kerjakan pada akhir tahun 2000. Tujuan dari hal ini adalah Microsoft hendak membuat platform .NET, dengan menyediakan infrastruktur jaringan yang terbentuk dari windows server dan microsfot berniat mengembangjan dua sistem operasi secara sekaligus. Akhirnya beberapa kali sistem ini di tunda peluncuranya, karena jadwal pengembangan yang ketat, dan hanya sistem operasi whistler workstation saya yang di rilis setahun berikutnya dengan nama produk windows xp, yang ditujukan untuk kalangan consumer rumahan dan koorporat.

EDISI
Windows server 2003 terdiri atats beberapa produk yan berbeda, yaitu sebagai berikut:
-          Windows server 2003 standard edition
-          Windows server 2003 enterprise edition
-          Windows server 2003 datacenter edition
-          Windows server 2003 web edition
-          Windows small business server 2003
-          Windows storage server 2003
VERSI
Sejak windows server 2003 diluncurkan, Microsoft merilis bebrapa versi, yakni sebagai berikut :
-          Windows server 2003 RTM (Release to manufacture), tanpa service pack
-          Windows server 2003 service pack 1
-          Windows server 2003 R2
-          Windows server 2003 service pack 2 (dirilis pada tanggal 13 maret 2007)

WINDOWS VISTA
Windows vista adalah nama dari versi terbaru Microsoft windows, sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang di gunakan pada komputer pribadi (pc), lebih baik untuk pengguna rumahan maupun berbisnis, pada komputer laptop atau media center.
Sebelum di umumkan dengan nama windows vista pada 22 juli 2005, sistem operasi ini lebih di kenal dengan codename longlorn (berasal dari nama lomglorn saloon, sebuah bar terkenal di whistler, british Columbia,kanada).
Microsoft meluncurkan windows vista pada 8 november 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 januari 2007 untuk pengguna rumahan. Dengan demikian , peluncuran windwos vista ini berjarak lebih dari lima tahun sejak peluncuran windwos xp pada 25 oktober 2001.

FITUR-FITUR YANG DI PERBARUI
Windows vista memiliki daftar panjang untuk ratusan fitur-fitur baru, fitur-fitur yang di tambahkan, dan fitur-fitur yang di tingkatkan kemampuannya, pada saat ini fitur-fitur itu belum di publikasikan secara lengkap oleh Microsoft. Namun demikian, berbagai fitur yang akan di masukan ke dalam windows vista tersebut sudah mulai di perkenlakan melalui beberapa publikasi.

FITUR-FITUR END-USER
WINDOWS AERO:
Desain baru antarmuka pengguna, singkatan dari authentic, energetic, reflective, and open. Antarmuka baru ini di maksudkaan agar lebih estetis dan bersih ketimbang antarmuka windwos sebelumnya, termasuk jendela-jendela transfaran, aimasi, dan tampilan yang bagus.
WINDOWS SHELL:
Windows shell yang baru ini berbeda sekali dengan windows xp. Sebagai contoh, start menu yang telah di ubah, bahkan kata “start” pun telah di gantikan dengan tombol windows “pearl” biru yang baru.
FITUR XP DI HILANGKAN
Beberapa fitur dan komponen windows xp yang terkenal juga telah digantikan ataupun dihilangkan dari windows vista. Mungkin yang paling terlihat signifikan adalah penghilangan windiws messenger dan msn explorer, dan penggantian netmeeting dengan windows collaboration. Windows xp”Luna”. Fitur “hardware profiles” juga telah dihilangkan, di ikuti dengan penarikan dukungan untuk teknologi motherboard lawas seperti EISA bus dan APM.
FITUR-FITUR YANG DI TUNDA/DIBATALKAN
Winfs adalah nama kode untuk sebuah sistem file baru dengan sifat relational database yang dibangun di atas sistem NTFS dan SQL server 2005.

ANTAR MUKA GRAFIS
Antarmuka baru vista, windows aero, dibangun di atas sebuah mesin baru yang bernama desktop windows manager. Windows aero, juga dikenal sebagai aero glass, menambahkan dukungan untuk grafis 3D jendela transparan, animasi, dan efek visual lainnya. Windows aero membutuhkan kartu grafis high end dan kapasitas perangkst keras seperti :
-          Memori grafis 64MB direkomendasikan untuk set layar 1024x768, da 128MB untuk 1600x1200+.
-          Minimal 32 bit per pixel
-          3D hardware acceleration yang mendukung Directx 9.0
-          Memori dengan lebar pita (bandwidtg) direkomendasikan 2GB/S
-          Mampu menggambar 1.5 juta segitiga/detik, dengan satu jendela hingga 150 segitiga
-          Mendukung driver windows display drier model (WDDM).

E.      NOVELL NETWARE
Novel netware adalah sebuah sistem operasi jaringan yang umum digunakan dalam komputer IBM PC  atau kompatibelnya. Sistem operasi ini di kembangkan oleh novell, dan di buat berbasiskan tumpukan protocol jaringan Xerox XNS.
NETWARE TELAH DIGANTIKAN OLEH OPEN ENTERPRISE SERVER (SQL). Versi terakhir dari netware hingga april 2007 adalah versi 6.5 support pack 6, yang identic dengan OES-netware kernel, support pack 2.
F.       UNIX
Unix adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T bell labs tahun 1960 dan 1970-an. Unix di desain sebagai sistem operasi yang portable, multi tasking dan multi user. BSD adalah salah satu turunan unix yang di kembangkan oleh universitas California, barkeley.
PENDAHULUAN
Sistem operaso unix digunakan secara luas baik sebgai server atau workstation. Arsitektur unix model client/ server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusar dalam jaringan dari pada proses tunggal di komputer. Linux, merupakan sistem operasi yang di adopsi dari unix dan tersedia secara bebas mendapat popularitas sebagai alternative dari sistem operasi proprietary seperti Microsoft windows.

SEJARAH(1960 dan 1970)
Pada tahun 1960, Massachusetts institute of technology, AT&T Bell labs, and general electric bekerja dalam sebuah sistem operasi eksperimental yang di sebut multics (multiplexed informayion and computing service).  
APLIKASI
Banyak aplikasi-aplikasi dalam sistem operasi lain yang awalnya lahir dalam lingkaran sistem operasi unix. Salah satu contoh aplikasi yang di maksud misalnya adalah gnuplot.

UNIX DI INDONESIA
Di Indonesia unix di gunakan sebagai server aplkasi, produk yang beredar di pasaran antara lain IBM AIX, HP UX, sun solaris.
Masing-masing produk ini umumnya memiliki pasar tersendiri seperti sunsolaris yang di gunakan pada operator telekomunikasi selular, HP UX pada manufactur dan distribusi. Fungsi unix sebagai workstation kurang popular mengingat harganya yang mahal.

     G.     FREE BSD
FreeBsd adalah sebuah sistem operasi bertipe unix bebas yang diturunkan dari unix AT&T lewat cabang Berkeley software distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD. FreeBSD DEC Alpha, Sun Ultra SPARC, IA-64, PowerPC dan arsitektur NEC PC-98 dukungan untuk arsitektur ARM dan MIPS sedang dalam perkembangan.   
     H.     SUN OS
SunOS adalah sebuah versi unix yang digunakan dalam workstatiom-workstation sun microsystems yang di rilis pada tahun 1982.
I.        LINUX
Linux atau GNU/Linux adalah sistem operasi bebas yang sangat popular untuk komputer.
Istilah linux atau GNU/Linux (GNU) juga digunakan sebagai rujukan kepada keseluruhan distro linux, yang didalamnyabdisertakan program-program lain pendukung sistem operasi. Contoh program tersebut adalah server web, Bahasa pemograman, basisidata, tampilan desktop (desktop environment) seperti ( GNOME dan KDE), dan aplikasi perkantoran (office suite) seperti openoffice.org, koffice,abiword, gnumeric. Distro linux telah mengalami pertumbuhan yang pesat dari segi popularitas.
Sehingga lebih popular dari versi UNIX yang menggunakan sistem lisensi dan berbayar maupun versi UNIX bebas lainnya yang pada awalnya menandingi dominasi Microsoft windows, dalam beberapa sisi.
Linux mendukung banyak perangkat keras komputer, dan telah digunakan di berbagai peralatan dari komputer pribadi, super komputer dan sistem benam (embedded system), seperti telepon seluler (ponsel) dan perekam video pribadi.
Pada awalnya, Linux dibuat, dikembangkan dan di gunakan oleh permintaan saja. Kini linuc telah mendapat dukungan dari perusahaan besar seperti IBM dan Hewlett-Packard.
SEJARAH
Kernel linux pada mulanya ditulis sebagai proyek hobi oleh oelajar uni-versitas finland linus Torvalds yang belajar di universitas Helsinki, untuk membuat kernel minix yang gratis dan dapat di edit. (minix adalah pelajaran menyerupai UNIX dibuat untuk mudah digunakan dan bukannya untuk digunakan dan bukannya untuk digunkanan secara komersial) versi 0.01 dikeluarkan ke internet pada September 1991, versi 0.002 pada 5 oktober 1991.

PASAR SERTA KEMUDAHAN PEMAIKAIAN
Linux yang pada awalnya hanya merupakan sistem operasi yang digunakan oleh peminat komputer, telah menjadi sistem yang lebih user-friendly, dengan antar muka grafik yang berbagai macam aplikasi yang mirip sistem operasi lain, dari pada baris perintah unix. Namun kesan ini telah menimbulkan banyak kritikan, termasuk dari pendukung linux. Mereka berpendapat bahwa linux dan proyek program bebas masih belum mencapai factor “kemudahan dalam pemakaian” yang memuaskan.  Persoalan tentang kemudahan linux disbanding windows masih menjadi perdebatan yang hangat. Pasaran linux dalam komputer “desktop” masih agak kecil tapi semakin berkembang. Menurut lembaga penyelidikan pasaran IDC, besar pasaran bagi linux pada tahun 2002 adalah 25% bagi pasaran server, dan 2,8% bagi pasaran komputer pribadi.
Bagi mereka yang lebih sering menggunakan windows atau macintosh, linux mungkin kelihatan lebih sukar disebabkan perbedaan dalam melakukan berbagai kerja komputer.

INSTALASI
Proses instalasi linux yang sukar seringkali menjadi penghalang bagi pengguna baru, namun proses ini sekarang menjadi lebih mudah. Dengan penerimaan linuc oleh beberapa pabrikan komputer pribadi besar, komputer terpasang (built up) dengan distribusi linux banyak tersedia.

Selain itu terdapat juga distribusi linux yang dapat dijalankan (boot) secara langsung dari cakram optic (CD) tanpa perlu di instalasi ke cakram keras (harddisk) hal ini di kenal dengan istilah live CD. Contoh distribusi dalam bentuk live CD adalah knoppix/gnoppix, kubuntu/Ubuntu dan Gentoo. Saat ini hamper semua distribusi linux menyediakan versi live CD untuk produknya. ISO image untuk cakram optic untuk distribusi linux tersebut biasanya dapat diunduh dari internet, dibakar ke CD, dan selanjutnya dapat juga di gunakan sebagai CD yang siap untuk proses BOOT.

0 komentar:

Posting Komentar